Pusat Karir Universitas Trunojoyo Madura

Sistem Pengelolaan dan Pengembangan Karir UTM
Friday, 29 Mar 2024

Pertimbangan Penting Sebelum Menerima Tawaran Kerja di Luar Negeri

Berita Umum | 27 April 2022 13:39 wib Memulai pekerjaan baru adalah pengalaman yang cukup mengintimidasi, apalagi pekerjaan baru di kota atau negara baru. Tapi hal ini tentu tidak mengurangi semangat Anda untuk memulai karier dan lembaran hidup baru di negara asing. Bayangkan orang-orang baru yang bisa Anda temui dan budaya menarik yang bisa Anda resapi langsung!
Antusias boleh saja, tapi jangan sampai mengaburkan fokus Anda. Ada banyak hal yang perlu diperiksa dan persiapkan agar kepindahan berjalan lancar. Selain pertimbangan reguler seperti gaji dan jenjang karier, berikut sejumlah hal krusial yang perlu Anda perhitungkan sebelum menerima tawaran kerja di negara lain.

1. Status kepegawaian dan kaliber perusahaan

Pastikan perusahaan tersebut cukup terkemuka dan memiliki prospek baik untuk menjamin stabilitas jabatan Anda dalam jangka panjang. Lakukan sejumlah verifikasi di Google mengenai rekam jejak dan proyek terbaru perusahaan. Kalau bisa, cari tahu kontak informasi pegawai asing lainnya di Linkedin atau media sosial lain untuk berbagi pengalaman.

Keabsahan dan legalitas tawaran kerja juga adalah satu hal yang perlu Anda perhatikan. Umumnya perusahaan tidak akan meminta ongkos atau syarat rumit untuk menerima pegawai, jadi lakukan sejumlah pemeriksaan terlebih dulu.

Aplikasi visa di banyak negara juga membutuhkan copy kontrak kerja yang sah sebelum bisa diproses, sehingga ada baiknya Anda membicarakan tentang hal ini pada pihak perusahaan.

2. Pengurusan dokumen dan visa

Pertama-tama, tanyakan apakah perusahaan tersebut memiliki kebijakan atau departemen yang dapat membantu para pegawainya mengurus visa kerja dan dokumen legal yang dibutuhkan. Sejumlah negara mewajibkan calon pegawai asing untuk mengurus pembuatan visa melalui organisasi terpilih dengan biaya tertentu.

Tipe visa yang Anda butuhkan juga perlu diperhatikan, karena kadang pekerjaan berbeda dijamin oleh visa berbeda pula dan periode kerja yang diizinkan kadang tidak sepanjang waktu yang tertera di kontrak kerja. Jadi, pahami dengan seksama peraturan visa di negara tujuan dan kumpulkan dokumen lengkap sebelum mengajukan permohonan.

3. Transisi dan biaya hidup

Pastikan bahwa tawaran penempatan di luar kota ini disertai dengan fasilitas memadai, semisal penyediaan tempat tinggal yang layak dan asuransi kesehatan yang jelas. Minimal lakukan perhitungan dan riset teliti untuk menjamin agar gaji Anda setidak-tidaknya cukup untuk menutup biaya hidup di negara tersebut.

Gaji di Singapura yang nampak besar untuk ukuran Indonesia misalnya, jangan-jangan cuma bisa untuk membayar sewa apartemen di sana. Pastikan Anda mendapatkan fasilitas asuransi kesehatan dan fasilitas lain yang sudah Anda dapatkan di Indonesia.

Selain itu, cari tahu terlebih dulu juga perhitungan pajak penghasilan untuk pegawai di luar negeri agar tidak tersandung masalah keuangan di masa depan.—Qerja.com

Source: http://www.qerja.com/journal/view/5356-pertimbangan-penting-sebelum-menerima-tawaran-kerja-di-luar-negeri
Dilihat 837 kali
Link